Peng. Animasi & Desain Grafis
Menurut penulis animasi adalah sebuah gambar berkarakter yang dibuat secara manual atau digital, dalam 2 dimensi atau 3 dimensi. Animasi adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi berupa gambar manusia, hewan maupun tulisan.
Prinsip-prinsip animasi ada 12 :
Prinsip-prinsip Animasi dibagi dalam beberapa bagian:
1. Squash and stretch
2. Anticipation
3. Staging
4. Straight Ahead Action and Pose to Pose
5. Follow Thourgh and Overlapping Action
6. Slow In and Slow Out
7. Arcs
8. Secondary Action
9. Timing
10. Exaggeration
11. Solid Drawing
12. Appeal
Fungsi dari prinsip animasi adalah agar setiap animasi yang dibuat terlihat menarik,dramatik,dan dengan menggunakan gerakan yang alami. Pada tugas ini penulis memakai short animasi berjudul "Watermelon A Cautionary Tale" by Kefei Li & Connie Qin He yang dimana terdapat prinsip animasi Squash and stretch pada durasi ke 00.02.07 dimana pada film tersebut menunjukan peran seorang anak laki-laki melakukan pergerakan yang cepat
Squash and stretch adalah upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga -seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup. Penerapan squash and stretch pada figur atau benda hidup (misal: manusia, binatang, creatures) akan memberikan ‘enhancement’ sekaligus efek dinamis terhadap gerakan/ action tertentu, sementara pada benda mati (misal: gelas, meja, botol) penerapan squash and stretch akan membuat mereka (benda-benda mati tersebut) tampak atau berlaku seperti benda hidup.
Contoh pada benda mati: Ketika sebuah bola dilemparkan. Pada saat bola menyentuh tanah maka dibuat seolah-olah bola yang semula bentuknya bulat sempurna menjadi sedikit lonjong horizontal, meskipun nyatanya keadaan bola tidak selalu demikian.Hal ini memberikan efek pergerakan yang lebih dinamis dan ‘hidup’.
Contoh pada benda hidup: Sinergi bisep dan trisep pada manusia. Pada saat lengan ditarik (seperti gerakan mengangkat barbel) maka akan terjadi kontraksi pada otot bisep sehingga nampak ‘memuai’, hal inilah yang disebut squash pada animasi. Sedangkan stretch nampak ketika dilakukan gerakan sebaliknya (seperti gerakan menurunkan lengan), bisep akan nampak ‘menyusut’.
Referensi
https://keepvid.pro/download?video=https%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3DlTxn2BuqyzU
https://id.wikipedia.org/wiki/Animasi
http://muhammadazril022.blogspot.com/2017/10/apa-itu-squash-and-stretch.html
Nama : Ade Hilda Sawitri
NPM : 10116096
Kelas : 3KA07
SISTEM INFORMASI
2018/2019
Tidak ada komentar:
Posting Komentar